AJAIB ,,,Membuat Sambel Pecel Pedas Anti Pahit

Image result for kacang tanah sangrai bumbu pecel

Siapa yang tidak kenal Sambal Pecel?? Sambel yang datang dari Jawa Timur ini seperti sambal sejuta umat terutamanya di daerah Jawa timur. Ngomong2 ada beberapa vs Sambal Pecel contohnya : Madiun, Kediri, Blitar dan lain-lain. Tampilan hampir serupa sangat cuma dikit macam bumbu disana sini serta tiap-tiap vs tentu saja unik serta lezat bergantung hasrat masing2. 

Resep serta cara membuat Sambal Pecel lewat cara disangrai ini saya tekuni dari Nenek saya serta sampai kini saya senang dengan perasaan serta keawetannya. Saya tetap membawa Sambal Pecel yang dibikin lewat cara disangrai tiap-tiap pulang kampung ke Indonesia dalam jumlahnya banyak serta sambal masih bagus sampai satu tahun lalu cukup dengan penyimpanan di kulkas!! 

Catatan : Buat anda yang ingin membuat Sambal Pecel untuk secara langsung disantap atau untuk tidak diawetkan, ya silakan menggoreng kacang tanah serta menumis bumbu seperti biasa. 

Panduan Terpenting : Janganlah sesekali menggunakan bumbu mentah!! Kelak rasa-rasanya agak getir (sengar dalam bhs jawa) serta menurut saya kurang enak. Selamat Coba serta mudah-mudahan sama dengan hasrat anda ; -) 


Langkah Membuat : 

Sangrai kacang tanah dengan suhu pada tengah serta tinggi (kira-kira sklala 6 dari 9) sekalian diaduk terus-terusan saat 30 menit. Ambillah satu kacang serta cicip apa benar2 telah masak. 
(Goreng dengan suhu panas tengah sampai kacang masak bila ingin membuat sambal yang akan secara langsung disantap (bukan untuk diawetkan). Yakinkan kacang tidak gosong!!. Tiriskan. 
Tren Terbaru sekarang untuk bumbu pecel  sebelum di giling kacang tanah di kupas kulit arinya sehingga rasa pahit kacang tanah sangrai hilang dan warna bumbu pecel lebih terang dan menarik
Haluskan kacang dengan dry mill/dry grinder atau food processor sampai halus. Sisihkan. 

mesin giling sambel pecel, mesin giling bumbu pecel
Sangrai bahan bumbu halus (terkecuali asam jawa serta gula merah) sekalian diaduk terus-terusan sampai masak tapi tidak gosong. Imbuhkan daun jeruk purut paling akhir serta turut disangrai saat 1 menit saja. 
(Tumis bahan bumbu plus daun jeruk purut sampai cabai lunak bila ingin membuat sambal yang akan secara langsung disantap (bukan untuk diawetkan). 
Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau jus/grinder sampai halus. 
Imbuhkan gula sisir serta asam jawa, aduk/haluskan kembali sampai rata. 
Imbuhkan bumbu halus ke kacang tanah yang telah dihaluskan. Aduk sampai rata dengan spatula atau tangan (yakinkan anda menggunakan kaos tangan plastik). 
(Ke-2 bahan dapat anda campur didalam food processor bila anda memiliki food processor dengan mangkuk besar (volume 2 liter). 
Cicip lewat cara larutkan 1 sumber daya manusia sambal pecel dengan dikit air untuk pastikan rasa-rasanya telah benar2 cocok. 
(Langkah ini butuh karena perasaan sambal pecel sebelum serta sesudah diencerkan dengan air berbeda persis). 
Masukan sambal dalam wadah tertutup rapat/tupperware, taruh dalam kulkas serta ambillah sekedarnya waktu akan disantap.



Sumber : http://www.lestariweb.com/Indonesia/SambalPecel.php

"AJAIB ,,,Membuat Sambel Pecel Pedas Anti Pahit"

Posting Komentar