BERBAGI INFO Berbagai Taknik Pengupasan Kacang Tanah

Image result for kacang tanah

Karena memiliki bentuk yang seperti selaput tipis yang melekat pada biji kacang tanah, kadang kulit ari kacang tanah merepotkan kita untuk membuangnya. Tersebut adalah langkah umum yang efisien mengupas kulit ari kacang tanah dengan manual, salah satunya : 

1. Dijemur lalu diayak 
Triknya : 

Kacang tanah yang masih tetap ada kulit arinya dijemur sampai berwarna merah kecoklatan 
Angkat serta selekasnya ayak dengan tangan hingga kulit ari kacang tanah lepas dari bijinya. Kerjakan berkali-kali sampai tuntas. 
Langkah tersebut mempunyai keunggulan yakni kacang tanah masih kering serta perasaan dan kualitas kacang lebih gurih serta asli. Sedang kelemahannya merupakan keutuan bentuk kacang kurang terbangun dengan baik saat proses pengayakan. 

2. Disiram air mendidih 

Triknya : 

Rebus air sampai mendidih, matikan api serta masukan kacang yang masih tetap ada kulit ke air panas 
Diamkan saat 2-3 jam, angkat serta kelupas kulit ari kacang 
Langkah tersebut mempunyai keunggulan yakni keutuhan kacang terjamin serta langkah tersebut lebih cepat serta efisien. Sedang kelemahannya merupakan kandungan vitamin semakin banyak yang hilang karena rendaman air panas, dan kacang tidak bisa disimpan kurun waktu yang lama. 

Walau tampak sepele, kulit ari kacang tanah ini mempunyai kandungan gizi yang baik untuk badan. Kulit ari kacang tanah ini sekurang-kurangnya mempunyai kandungan senyawa tanin, flavonoid serta asam fenolat terkonjungsi yang memiliki kegiatan anti-oksidan dan bisa dipakai untuk mengobati infeksi karena bakteri.

Sumber : https://manfaat.co.id/manfaat-kulit-ari-kacang-tanah

"BERBAGI INFO Berbagai Taknik Pengupasan Kacang Tanah"

Posting Komentar