Cara Membuat Tempe Kedelai Lengkap



Tempe adalah makanan asli buatan Indonesia yang disebut warisan dari nenek moyang kita dari lokasi Jawa persisnya Yogyakarta. Kandungan gizi serta faedah tempe tidak disangsikan lagi karena banyak riset tunjukkan jika tempe memang tidak kalah di banding dengan makanan lainnya yang bermerek serta harga nya tambah mahal. 
Dalam membuat tempe mesti disediakan bahan-bahannya yang mencakup : Biji kedelai, bibit jamur tempe, daun atau plastik menjadi pembungkus, 

Cara membuat tempe kedelai lewat tahap-tahap seperti berikut : 

1. Bersihkan kedelai, pisahkan jika ada bahan yang tercampur seperti kotoran serta batu. 
2. Kupas kulit biji kedelai. Supaya proses pengupasan jadi gampang kedelai mesti di rendam dahulu saat satu malam, Kemudian biji kedelai dicuci bersih serta di rebus saat satu jam. Sesudah ditiriskan serta didinginkan baru kedelai dikupas kulitnya. Langkah mengupas kulit biji kedelai yang umum dikerjakan yaitu dengan langkah diinjak injak hingga kulitnya lepas. Tidak hanya langkah tersebut kedelai dapat juga dikupas dengan alat spesial. 
3. Kedelai yang telah dikupas lantas di rendam lagi saat 12 jam supaya berbau langu pada biji kedelai hilang. Kemudian di rebus lagi saat 30 menit, sampai kedelai jadi lunak. Tiriskan lantas tebarkan diatas permukaan wadah. 
4. Sesudah dingin lantas digabung dengan jamur tempe. Tiap-tiap satu kg kedelai digabung dengan satu sendok jamur tempe. Pencampuran mesti betul-betul rata supaya jamur dapat tumbuh rata di permukaan tempe. 
5. Step selanjutnya merupakan pembungkusan memakai daun pisang atau plastik 
6. Lantas diperam saat satu malam dengan suhu 40º, jika memakai pembungkus plastic sesudah pemeraman pertama ini tusuk-tusuk plastic pembungkus supaya hawa bisa masuk ke tempe, lantas diperam lagi saat sehari dua malam segingga tercipta tempe yang siap di proses. 

Dalam pembuatan tempe yang perlu dilihat merupakan pada step pencampuran jamur tempe serta pada step pemeraman atau fermentasi. Pencampuran yang kurang rata serta waktu dan suhu waktu fermentasi yang tidak pas akan jadikan tempe tidak tercipta dengan baik. Karenanya butuh ketelatenan serta kesabaran dalam membuatnya. 

Kualitas tempe yang bagus merupakan yang perkembangan jamurnya rata menutupi semua permukaan tempe, tidak lembek, kering, warnanya putih bersih serta bau ciri khas tempe. Tempe dapat disimpan saat 1 hari dalam hawa terbuka apabila disimpan didalam almari pendingin dapat tahan sampai 5 hari. Kemudian tempe akan alami pembusukan dengan diikuti pergantian warna serta berbau.

Sumber : http://womaninspiration.blogspot.com/2010/05/cara-membuat-tempe-kedelai.html

"Cara Membuat Tempe Kedelai Lengkap"

Posting Komentar